Jumat, Juni 06, 2008

American And Oil Comparison

Pernah terfikir apakah anda akan menjumpai diri anda tanpa listrik?Yah,bisa dipastikan kita berada di planet yang mati suri.Mulai dari sector energy manapun selama ini masih menggunakan Bahan Bakar Fosil baik Minyak bumi,Gas ataupun Batubara. Sebuah peristiwa yang ironis sebenarnya kita ini.Hidup sudah susah dibuat jungkir balik,akhirnya tertimpa tangga.Its Poor You….!Namun sebentar,cobalah lihat gaji di beberapa perusahaan yang berada di sector Energi ini terutama minyak.

Grade

AVG Basic

AVG Gross

18a

10.300.000

12.463.000

18b

11.800.000

14.278.000

19

12.500.000

15.125.000

20

16.500.000

19.965.000

Ini baru di Chevron.saat belum mengakuisisi Unocal.dan belum termasuk bosnus2nya.(wiu-wiu). Tabel di atas adalah berdasar PKB tahun 2006. Konon komponen tersebut sudah mencakup basic salary plus 21% regional allowance. Fresh graduate umumnya masuk di tingkat 18A.Rajin2 belajar bahasa Inggris saja biar ketrima.Untuk Conoco lebih sangar lagi,untuk minimalnya mulai jenjang 5 itu sekitar 1 juta.Untuk Maksimalnya bias mencapai 90juta.ada 12 Jenjang mulai hitung dari 5.Untuk Pertamina ada sekitar 16 Tingkat.Tingkat 1st Rp 1152000 hingga untuk best managemen mpe 50jutaan.Fantastis bukan.Wajar Pertamina mendapatkan predikat BUMN “terkaya” dan “tersejahtera” pegawainya.Itulah selayang pandang yang kita tujukan untuk mereka yang memegang duit minyak. Seandainya fakta dilapangan seperti itu yang terjadi lantas kenapa Harga minyak bias menjadi begitu mahal??

Dulu pada tahun 80an wajar harga minyak naik mengingat waktu itu Iran dan Nigeria mengalami konflik politik.Sekarang apa dan kenapa terjadi lagi??Apakah ini merupakan wujud konspirasi politik dari Ahmadinejad karena Teheran mengembangkan Instalasi Nuklirnya?Saya fikir itu tidak terjadi,karena selama iran menstop pasokan minyaknya.Maka Minyak dunia tidak akan naik secepat kilat seperti itu,karena iran juga akan kewalahan menghadapi ekonomi negaranya sendiri jika seperti itu Karena Minyak itu dihargai bukan dengan Dirham (kalau ga salah mata uangnya Iran),namun Dollar AS.Jika Iran seperti itu Masih ada Arab Saudi.Belum lagi teguran OPEC,karena yang menentukan harga minyak selain Pasar juga OPEC (Sayang Indonesia keluar dari Opec belum lama ini,saya lupa tanggalnya).Dollar Itulah yang praktis berhubungan.Saat Dollar melemah,maka harga minyak akan naik sehingga OTOMATIS dollar sebagai mata uang yang dipakai untuk patokan minyak itu sendiri akan naik dan menguat. Bisa diterima??Hal seperti ini akan berbeda jika yang dipakai patokan atau yang dipakai untuk membeli minyak itu Dirham atau Dinnar,Atau Rupiah?Berbicara mengenai Dollar AS kita pasti sudah tahu siapa penyebabnya. Yaitu adalah,Amerika Serikat,kenapa?karena belum lama ini Badan Energi Internasional menggunakan minyak cadangan strategis untuk mengatasi terhentinya operasi pengolahan minyak karena topan Katrina.Itu di Amerika sana,Negeri Paman Sam.namun di Indonesia Exxon Mobile menguras habis Cepu,Chevron mngilang habis Kep riau,dan Conoco Philips mengeringkan blok Natuna.Sementara kita,saya,anda mengeringkan dompet untuk membeli BBM dari Pertamina. Semntara banyak juga kalangan pelaku pasar berpendapat "Penyebab utama lonjakan harga minyak dunia adalah kemerosotan mendadak dalam suplai minyak mentah sehingga mengakibatkan kekhawatiran besar di kalangan pelaku pasar," kata Victor Shum, seorang analis energi Purvin & Gertz di Singapura. Bahkan Minyak dunia kembali mencetak rekor harga terbaru 129,10 dolar AS per barel di Pasar Merchantile New York pada perdagangan Selasa waktu setempat akibat meningkatnya kekhawatiran suplai, demikian dikutip dari situs CNN, Rabu. Minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Juni sempat diperdagangkan pada 129,46 dolar AS per barel sebelum akhirnya ditutup pada 129,10 dolar per barel atau naik 2,05 dolar dari penutupan hari sebelumnya.DAN Harga minyak menembus rekor tertinggi setelah Presiden OPEC Chakib Khelil mengatakan mereka tidak akan meningkatkan produksi saat AS memasuki masa liburan musim panas, sehingga permintaan BBM meningkat tajam.

Mutiara Hadist : Tidak akan dating hari kiamat, sebelum Sungai Furat menyingkapkan gunung emasnya (Jabal min dzahab) dimana orang-orang akan saling membunnuh untuk memperebutkannya. Sehingga dari 100 orang akan terbunuh 99 orang. Dan setiap orang diantara mereka mengatakan,”mudah-mudahan akulah yang beruntung” (Hr:Abu Hurairah RA) dalam riwayat lain di dalam kitab An-Nubuwwah HR Baihaqi,”akan muncul barang-barang tambang dan akan dating pula kesana sejahat-jahat mahkluk Allah”

Tidak ada komentar: